Kamis, 27 September 2012

MELAKUKAN PEMASARAN ON-LINE



Pemasar dapat menjalankan pemasaran on-line dengan menciptakan kehadiran secara elektronis pada internet; berpartisipasi dalam forum, newsgroup , dan bulletin boards; memasang iklan on-line; komunitas web; menggunakan e-mail dan webcasting.
Kehadiran secara Elektronis
Ribuan bisnis telah menciptakan kehadirannya pada internet. Banyak dari situs Web itu menawarkan beragam jasa kepada para pengguna.
Secara alternatif, puluhan ribu perusahaan telah menciptakan situs Web mereka sendiri, umumnya dibantu oleh agen perancangan Web profesional.  Situs-situs itu terdiri dari 2 bentuk dasar :
1)      Situs Web perusahaan : sebuah perusahaan menawarkan informasi dasar tentang riwayat perusahaan, misi dan filosofi, produk dan jasa, serta lokasinya.
Situs-situs itu dicipta untuk menjawab pertanyaan pelanggan melalui e-mail, membangun hubungan pelangan yang lebih erat, dan menghassilkan ketertarikan terhadap perusahaan.
2)      Situ Web Pemasaran : Situs Web semacam ini dirancang untuk membawa calon pelanggan dan pelanggan lebih dekat kepada suatu pembelian atau hasil pemasaran lain.
Dalam rangka menarik pengunjung, perusahaan mempromosikan situs Web-nya melalui iklan cetak dan radio, selalu iklan spanduk yang populer pada situs Web lain.
Memasang Iklan On-line
Perusahaan dapat memasang iklan on-line agar dapat menempatkan iklan yang diklasifikasikan ke dalam bagian khusus yang ditawarkan oleh layanan online komersial utama.
Iklan itu meliputi iklan spanduk, windows yang sedang populer,”telegrapg” (tickers) ( spanduk yang bergerak di seluruh layar ), dan “roadblocks” ( iklan layar penuh yang harus di klik pemakai untuk mendapatkan layar lain.
Forum, Newsgroups, Bulletin, Boards, dan Komunitas Web
Perusahaan dapat memutuskan untuk berpartisipasi dalam atau mensponsori forum Internet, newsgroups, dan bulletin boards yang mempunyai daya tarik bagi kelompok minat khusus.
Forum adalah kelompok diskusi yang berada dalam layanan on-line komersial.
Newsgroups adalah forum versi internet dan terbatas pada orang yang memasang dan membaca  pesan tentang topik tertentu.
Bulletin board system (BBS) adalah layanan on-line khusus yang berpusat pada topik atau kelompok tertentu.
Komunitas Web adalah situs Web yang disponsori secara komersial di mana para anggota berkumpul secara on-line dan bertukar pendapat tentang isu-isu yang menarik  minat bersama.

JANJI DAN TANTANGAN  PEMASARAN ON-LINE
Menurut pendukungnya, pemasaran on-line akan membawa perubahan mendalam terhadap berbagai sektor perekonomian.
Para penggemar juga melihat pemasaran on-line sebagai pemasar yang dapat mencapai pasar global dan mengubah perdagangan dunia.
Pada saat yang sama, para komentator  Web yang kurang bergairah menyebutkan seumlah tantangan yang dihadapi oleh pemasar on-line:
a)      Paparan dan pembelian konsumen yang terbatas
b)      Psikografik dan demografik yang tidak simetris: para pengguna on-line lebih berorientasi ke kalangan atas dan teknis dibanding populasi umum,menjadikan mereka ideal untuk komputer,barang elektronik, dan layanan finansial namun kurang ideal untuk produk-produk pada umumnya.
c)      Semrawut dan kacau: internet menawarkan jutaan situs Web dan volume informasi yang jumlahnya mengejutkan.
d)     Keamanan
e)      Masalah-masalah etika
f)       Serangan balasan konsumen
ISU PUBLIK DAN ETIKA DALAM PEMASARAN LANGSUNG
Para pemasar langsung dan pelanggan mereka biasanya menikmati hubungan yang saling menguntungkan. Namun, kadang-kadang, sisi gelap muncul seperti adanya :
1.      Gangguan : peningkatan umlah penjualan yang agresif dan usaha pemasaran langsung.
2.      Ketidakadilan : mengambil keuntungan dari pembeli impulsif atau yang kurang canggih.
3.      Penipuan dan kecurangan : merancang surat dan menulis teks surat yang bertujuan untuk menyesatkan pembeli.
4.      Pelanggaran privasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar