Pemasar dapat
menjalankan pemasaran on-line dengan menciptakan kehadiran secara elektronis
pada internet; berpartisipasi dalam forum, newsgroup , dan bulletin boards;
memasang iklan on-line; komunitas web; menggunakan e-mail dan webcasting.
Kehadiran secara
Elektronis
Ribuan bisnis telah
menciptakan kehadirannya pada internet. Banyak dari situs Web itu menawarkan
beragam jasa kepada para pengguna.
Secara alternatif,
puluhan ribu perusahaan telah menciptakan situs Web mereka sendiri, umumnya
dibantu oleh agen perancangan Web profesional.
Situs-situs itu terdiri dari 2 bentuk dasar :
1)
Situs Web perusahaan : sebuah perusahaan
menawarkan informasi dasar tentang riwayat perusahaan, misi dan filosofi,
produk dan jasa, serta lokasinya.
Situs-situs
itu dicipta untuk menjawab pertanyaan pelanggan melalui e-mail, membangun
hubungan pelangan yang lebih erat, dan menghassilkan ketertarikan terhadap
perusahaan.
2)
Situ Web Pemasaran : Situs Web semacam
ini dirancang untuk membawa calon pelanggan dan pelanggan lebih dekat kepada
suatu pembelian atau hasil pemasaran lain.
Dalam
rangka menarik pengunjung, perusahaan mempromosikan situs Web-nya melalui iklan
cetak dan radio, selalu iklan spanduk yang populer pada situs Web lain.
Memasang Iklan On-line
Perusahaan dapat
memasang iklan on-line agar dapat menempatkan iklan yang diklasifikasikan ke
dalam bagian khusus yang ditawarkan oleh layanan online komersial utama.
Iklan itu meliputi
iklan spanduk, windows yang sedang populer,”telegrapg” (tickers) ( spanduk yang
bergerak di seluruh layar ), dan “roadblocks” ( iklan layar penuh yang harus di
klik pemakai untuk mendapatkan layar lain.
Forum, Newsgroups,
Bulletin, Boards, dan Komunitas Web
Perusahaan dapat
memutuskan untuk berpartisipasi dalam atau mensponsori forum Internet,
newsgroups, dan bulletin boards yang mempunyai daya tarik bagi kelompok minat
khusus.
Forum adalah kelompok
diskusi yang berada dalam layanan on-line komersial.
Newsgroups adalah forum
versi internet dan terbatas pada orang yang memasang dan membaca pesan tentang topik tertentu.
Bulletin board system
(BBS) adalah layanan on-line khusus yang berpusat pada topik atau kelompok
tertentu.
Komunitas Web adalah
situs Web yang disponsori secara komersial di mana para anggota berkumpul
secara on-line dan bertukar pendapat tentang isu-isu yang menarik minat bersama.
JANJI DAN
TANTANGAN PEMASARAN ON-LINE
Menurut pendukungnya,
pemasaran on-line akan membawa perubahan mendalam terhadap berbagai sektor
perekonomian.
Para penggemar juga
melihat pemasaran on-line sebagai pemasar yang dapat mencapai pasar global dan
mengubah perdagangan dunia.
Pada saat yang sama,
para komentator Web yang kurang
bergairah menyebutkan seumlah tantangan yang dihadapi oleh pemasar on-line:
a)
Paparan dan pembelian konsumen yang
terbatas
b)
Psikografik dan demografik yang tidak
simetris: para pengguna on-line lebih berorientasi ke kalangan atas dan teknis
dibanding populasi umum,menjadikan mereka ideal untuk komputer,barang
elektronik, dan layanan finansial namun kurang ideal untuk produk-produk pada
umumnya.
c)
Semrawut dan kacau: internet menawarkan
jutaan situs Web dan volume informasi yang jumlahnya mengejutkan.
d)
Keamanan
e)
Masalah-masalah etika
f)
Serangan balasan konsumen
ISU PUBLIK DAN ETIKA
DALAM PEMASARAN LANGSUNG
Para pemasar langsung
dan pelanggan mereka biasanya menikmati hubungan yang saling menguntungkan.
Namun, kadang-kadang, sisi gelap muncul seperti adanya :
1. Gangguan
: peningkatan umlah penjualan yang agresif dan usaha pemasaran langsung.
2. Ketidakadilan
: mengambil keuntungan dari pembeli impulsif atau yang kurang canggih.
3. Penipuan
dan kecurangan : merancang surat dan menulis teks surat yang bertujuan untuk
menyesatkan pembeli.
4. Pelanggaran
privasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar